Selasa, 10 Februari 2009

Sekaten Sebagai Tradisi Kraton Jogja

. Selasa, 10 Februari 2009

Jogjakarta, kota yang begitu elok, ( daerah Istimewa, Kota pelajar, Kota Gudeg, Kota sejarah, Kota budaya, dll) begitu istilah tentang jogja. Salah satu kebudayaan yang saat ini sedang berlangsung adalah Sekatenan ( Pasar malam) yang nantinya berakhir dengan Grebeg pada tanggal 26 maret 2009 mendatang. Dalam tradisi ini, yang bertempat di alun-alun Utara Kraton Jogjakarta ter dapat banyak sekali aktivitas, semisal pameran pruduk dari tiap kabupaten( ada kerajinan tangan, kesenian, Usaha kecil menengah, dll), panggung kesenian, turnamen olah raga, pedagang makanan sampai pedagang perabot rumah tangga berlomba-lomba merauk untung, Gimana ya dengan Djarum Black sendiri, apakah ikut serta juga dalam merauk untung?

Selain itu bagi para penggila tanaman Hias, di sana juga banyak Nursery yang menjajakan tanaman hias koleksinya. Seandainya Black Car Community menjual tanaman dengan mobil-mobil mereka bisa jadi masuk rekor muri,karena mobil mewah hanya untuk menggelar tanaman hias. Ada juga tempat bermain anak-anak ataupun orang dewasa semisal boom-boom car,(nah ini dia yang mungkin di lakuin sama Black Car Community, selingan untuk kejenuhan bergelut dengan mobil mewah mereka), halilintar, tong setan dan masih banyak yang lainya. Yang pasti tradisi ini menjadi hiburan meriah terbesar dan hanya setahun sekali. Tetapi tradisi ini bukan merupakan hal yang mengasikan bagi orang-orang kalangan menengah keatas. Bias di artikan tradisi ini di dedikasikan buat warga asli jogja yang menjunjung tinggi nilai kebudayaan daerah.

Karena itu setiap kali tradisi ini berlangsung banyak yang bilang ini ajangnya orang-orang Desa keluar dari sarangya, entah mengapa tradisi pasar mala mini identik dengan penduduk desa. Namun Sekaten ini tetep menarik bagi wisatawan karena ini merupakan salah satu dari sekian banyak kebudayaan daerah jogja. Dan pasti akan lebih booming jika di muat di Black In News. /Pangeran

1 komentar:

Pangeran mengatakan...

:))

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Generasi Albert Einstein

Sponsor

Adsense Indonesia

Bloglog

Chat Box